Gelar Kejuaraan Tarkam di Sorong, Menpora Dipuji

Kejuaraan Antarkampung Kemenpora 2023 berlangsung di Kota Sorong. Program yang digagas Menpora Dito Ariotedjo ini dipuji.

Pembukaan Kejuaraan Tarkam Kota Sorong bertepatan dengan Hari Otonomi Khusus ke 22 dan Hari Ulang Tahun Pertama Provinsi Papua Barat Daya. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Olahraga Galaya Raya, Rabu 22 November.

Ada 240 Atlet dari 10 Distrik se-Kota Sorong, yang mencakup kawasan Klaurung, Meladun Mes, Malaimsimsa, Sorong, Sorong Barat, Sorong Kepulauan, Sorong Kota, Sorong Manoi, Sorong Timur, dan Sorong Utara.

“Pemerintah menggelar Kejuaraan Tarkam ini bertujuan mendorong partisipasi masyarakat dalam keolahragaan, menjadikan masyarakat dan pelajar menjadi bugar,” kata Ketua IGORNAS Provinsi Papua Barat Daya, Istiyono, dalam keterangan pers.

“Kemudian menggali potensi atlet berbakat dari kabupaten/kota menuju tingkat Nasional dan Internasional. Sasaran Tarkam ini di Kabupaten/Kota dengan peserta dari kecamatan,” jelasnya.

Baca juga: Kota Masohi Bangga Ditunjuk Kemenpora Gelar Kejuaraan Tarkam

Pj. Walikota Sorong Septianus Lobat., SH., MPA menyampaikan apresiasi kepada Kemenpora di bawah kepemimpinan Menpora Dito, yang sudah memberikan dan menginisiasi kegiatan Tarkam di Kota Sorong Tahun 2023.

“Kami menyambut baik setiap kegiatan yang positif bagi masyarakat termasuk kejuaraan ini. Kami memberikan dukungan sepenuhnya atas pelaksanaan kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan motifasi bagi para atlet kita dan terus membina dan mengasah kemampuannya untuk tampil baik di ajang Nasional maupun di Internasional,” kata Septianus.

Kemudian, Anggota Komisi X DPR RI dan sebagai Pemerhati Olahraga Robert Joppy Kardinal, S. AB dalam sambutannya mengatakan, Kejuaraan Tarkam ini adalah program Nasional dari Kemenpora yang dilakukan diseluruh Provinsi di Indonesia.

“Ini adalah olahraga sangat penting dan saya berharap suatu waktu nanti kalau saya nonton di TV ada anak anak dari Kota Sorong yang bisa masuk Tim Nassional Bulutangkis, saya yakin pasti bisa jika nanti terus menerus dilakukan perlombaan karena tanpa perlombaan kita tidak bisa mengasah anak anak kami ke depan apalagi peminat Bulutangkis di Kota Sorong sangat banyak dan pembinaannya harus terus menerus dilakukan,” ucapnya.

Adapun perwakilan Kemenpora yang hadir dalam pembukaan ini yaitu Staf Ahli Bidang Hukum Kementerian Pemuda dan Olahraga dalamDr. Drs. Samsudin, M.Pd.

Samsudin menyampaikan salam Menpora Dito kepada Walikota Sorong dan seluruh atlet. Melalui Samsudin, Menpora Dito juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Sorong telah berkenan menyelenggarakan Kejuaraan Antarkampung Kemenpora Tahun 2023.

“Semoga menjadi langkah yang baik dalam pembangunan keolahragaan ke depan yang lebih baik,” kata Samsudin.

Samsudin menambahkan, Kejuaraan Antarkampung Kemenpora 2023 bukan hal yang baru dan ini menjadi trend di kampung-kampung pada tahun 80an. Oleh karena itu Presiden Jokowi melalui mas Menpora, kembali menghidupkan Kejuaraan Tarkam ini agar menjadi ajang untuk merekatkan masyarakat sehingga lebih guyup melalui kegiatan olahraga serta pula sebagai sarana menjaring potensi-potensi olahraga daerah.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Apartemenpuriorchard. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.