7 Cara Memperkuat Sinyal WiFi di HP dan Laptop yang Harus Kamu Ketahui!

Cara Memperkuat Sinyal WiFi – Bermacam masalah di dunia tekno, salah satu yang paling menyebalkan tentunya adalah koneksi internet atau WiFi. Padahal, koneksi internet cepat dan stabil adalah hal yang dibutuhkan pada era digital, khususnya zaman now.

Bermacam masalah, mulai dari jarak yang terlalu jauh dari modem atau router, sampai interferensi sinyal dari perangkat elektronik lain termasuk CCTV, agaknya memiliki andil jadikan koneksi internet yang kita miliki menjadi lambat.

Nah, ketimbang kamu makin penasaran, inilah cara mudah untuk memperkuat sinyal WiFi yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan kecepatan optimal.

Daftar isi

Cara Mudah untuk Memperkuat Sinyal WiFi

Inilah kumpulan cara yang bisa kamu lakukan untuk perkuat sinyal WiFi yang mudah untuk kamu lakukan:

1. Gunakan Penguat Sinyal WiFi

Untuk memperkuat sinyal yang ada, kalian bisa coba menambahkan penguat sinyal WiFi. Alat tersebut dinamakan repeater atau router, yang mana keduanya menawarkan fungsi yang kurang lebih sama, yaitu memperkuat sinyal. Ini adalah salah satu cara memperkuat sinyal WiFi yang jauh yang menurut kami efektif.

Untuk gunakan alat tersebut, kalian cukup membeli sebuah router lengkap dengan kabel LAN minimal CAT5e dengan panjang yang kalian sesuaikan. Atau bila kalian tak suka cable management, kalian bisa gunakan repeater yang modelannya kita pasang langsung ke colokan. Harganya pun ada di kisaran seratus ribuan kok, brott.

2. Pastikan Power di Modem Sudah 100%

Memastikan power pada modem yang kalian gunakan untuk mendistribusikan koneksi internet pada angka seratus persen adalah wajib hukumnya. Hal ini dikarenakan adanya beberapa modem suatu ISP yang membatasi kemampuan distribusi koneksi internet pada kisaran angka 60%.

Namun, harus dicatat bahwa bila power di modem telah diatur menjadi seratus persen, kami menyarankanmu untuk menambahkan kipas atau meletakkannya pada posisi menyamping untuk meminimalisir panas berlebihan.

3. Ganti Modem dengan yang Lebih Kuat

Sebagaimana yang mungkin telah kalian ketahui, terdapat beberapa tingkatan modem pada sebuah ISP yang berbanding lurus dengan kecepatan internet yang kita bayar tiap bulannya. Mulai dari modem kecil, premium, sampai super premium, yang menjanjikan kemampuan distribusi sinyal yang lebih baik.

Bila masalah sinyal internet selalu alami kendala walau hanya kalian saja yang memakainya, bisa saja ini adalah saatnya untuk meminta kepada penyedia layanan internet untuk ganti modem yang disertakannya.

4. Gunakan USB Modem atau WiFi Card yang Berkualitas

Alternatif lainnya untuk memperkuat jangkauan penangkapan sinyal dari komputer yang kalian miliki adalah dengan gunakan USB WiFi atau sekalian WiFi card yang menawarkan kualitas. Selain itu, kalian harus memasangnya pada slot USB yang dirasa lebih dekat dengan sumber sinyal.

Namun, alasan kami rekomendasikanmu untuk gunakan kedua komponen yang relatif mahal tersebut tidak lain untuk memastikan koneksi kalian akan selalu stabil, bebas dari masalah. Penulis sempat mencoba USB WiFi murah meriah, dan ternyata koneksinya alami masalah setiap sekian belas menit sekali. Ada harga, ada kualitas, brott!

5. Coba Restart Modem atau Router

Kami paham betul bahwa cara ini mungkin terdengar memuakkan. Namun, faktanya di lapangan, dengan merestart modem atau router yang kalian pakai justru berpotensi untuk mengatasi bermacam masalah yang muncul, entah itu request time out, atau terputus sendiri dari jaringan.

Caranya pun cukup mudah, kalian bisa melakukan restart, atau idealnya mematikan modem atau router tersebut barang tiga sampai lima menit untuk hasil yang optimal. Penulis akui cara ini cukup ampuh terutama bila jaringan menyala tanpa henti.

6. Coba Lupakan Jaringan

Salah satu permasalahan, sampai membuat muncul cara menyambungkan sinyal WiFi ke laptop atau smartphone lainnya adalah dengan mencoba untuk melupakan jaringan. Bisa saja ini dikarenakan SSID yang kebetulan sama dan akibatkan smartphone bingung akan kata sandi, menjadikan kita tak bisa terhubung ke internet.

Biasanya, dengan melupakan jaringan, masalah yang ada pada jaringan akan dapat teratasi dengan baik. Namun, bila koneksi internet masih galau, nampaknya akan lebih baik untuk mencoba cara sebelumnya.

7. Pindah ke Lokasi yang Lebih Dekat dengan WiFi

Bila semua cara di atas tidak mempan, mau tidak mau kami akan menyarankanmu untuk lakukan cara terakhir, yaitu pindah ke lokasi yang tentunya lebih dekat dengan jangkauan koneksi internet alias WiFi.

Biasanya hal ini disebabkan oleh banyaknya sekat, dinding, atau objek lain termasuk sinyal dari WiFi lain yang menimbulkan masalah pada kecepatan yang kita terima. Meski hal ini menyebalkan, namun cara ini adalah salah satu cara termudah dan paling efektif untuk mengatasi hal ini loh.

Nah itulah dia beberapa cara untuk memperkuat sinyal WiFi di HP dan laptop yang harus kamu ketahui dan bisa langsung kamu coba. Semoga artikel ini dapat membantumu untuk meniadakan masalah jaringan yah, brott!

Alternatif lain bila kalian memakai laptop, cara memperkuat sinyal WiFi laptop adalah dengan mengganti modem M.2 WiFi yang tertanam di dalamnya dengan merk kenamaan. Namun, harus dicatat harganya pun berbanding lurus dengan kualitas.

Baca juga informasi menarik Gamebrott lainnya terkait Tech atau artikel lainnya dari Bima. For further information and other inquiries, you can contact us via author

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Apartemenpuriorchard. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.