Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap!

Seri game JRPG populer buatan Shin Megami Tensei, memiliki banyak sekali daftar game yang telah rilis. Setiap game-nya memiliki plot cerita yang berbeda-beda tetapi masih seputar siklus kehancuran dunia dan membentuk kembali peradaban oleh banyak pihak termasuk para Protagonist. Karena siklus yang terus berulang, dunia baru akan selalu diciptakan terus dengan banyaknya pecahan garis timeline pada seri Shin Megami Tensei.

Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan penjelasan mengenai timeline seri utama game Shin Megami Tensei secara keseluruhan. Informasi ini berfokus pada seri utama Shin Megami Tensei dan juga menjelaskan secara singkat beberapa faktor dalam dan luar dari insiden yang terjadi di setiap game-nya.

Sekadar mengingatkan, timeline ini berdasarkan pengalaman bermain saya, kumpulan informasi dari berbagai sumber dan forum diskusi yang saya temukan di internet. Kumpulan informasi tersebut berdasarkan pengalaman para gamer yang telah memainkan banyak judul Shin Megami Tensei dan saya merangkumnya sesimpel mungkin mengingat betapa luasnya lore pada game ini. Jadi ada kemungkinan beberapa urutan timeline game ini tidak sesuai dengan referensi aslinya.

Tambahan juga, timeline ini tidak termasuk dalam seri Devil Summoner, Persona, Digital Devil Saga, Devil Children ataupun Devil Survivor. Saya akan berikan informasi yang berfokus pada seri utama Shin Megami Tensei untuk mempermudah penjelasannya secara garis besar. Namun beberapa poin akan saya masukkan kaitannya antara seri utama Shin Megami Tensei dengan game lainnya.

Seperti apa timeline seri utama game Shin Megami Tensei? Yuk, kita mulai saja pembahasannya!

Peringatan: Artikel ini mengandung spoiler berat pada ending game seri Shin Megami Tensei.

Asal Usul Penciptaan Dunia Shin Megami Tensei yang Dikuasai oleh YHVH

Urutan Timeline Seri Utama Game Shin Megami Tensei secara Lengkap! 4

Dunia dan seluruh alam semesta diciptakan dari sebuah proses yang tidak diketahui asal usulnya. Ketika dunia diciptakan, berbagai sosok penting berusaha menguasai dunia tersebut, yaitu:

  • The Great Will: pencipta alam semesta atau Amala Universe yang terdiri dari berbagai macam dunia.
  • Canopus: menguasai sistem adminitrasi dunia yang ada di Shin Megami Tensei: Devil Survivor.
  • Starhair: menguasai dunia yang ada di Shin Megami Tensei: Devil Children.
  • Brahman: menguasai dunia yang ada di Shin Megami Tensei: Digital Devil Saga.
  • YHVH: menguasai banyak dunia dan salah satunya adalah dunia seri utama Shin Megami Tensei.

Meskipun sebagai pencipta Amala Universe, The Great Will tidak menguasai sepenuhnya dunia yang dikuasai. Sehingga dunia tersebut dikuasai oleh banyak pihak seperti YHVH atau dipanggil Yehowah/Yahweh. The Great Will dan YHVH memiliki pendapat yang berbeda mengenai nasib dan takdir dunia.

The Great Will lebih sering bersifat pasif dalam beberapa game Shin Megami Tensei dan membiarkan dunia berjalan dengan sendirinya sesuai dengan takdir mereka. Sedangkan YHVH justru lebih aktif dan mengontrol dunia yang dikuasai sesuai kehendaknya.

Clan Kuzunoha Dibentuk

Ketika dunia diciptakan bersama dengan seluruh makhluk hidup beserta isinya, mereka hidup menjalani kehidupannya masing-masing. Beberapa kelompok manusia pun mengetahui eksistensi bagaimana dunia diciptakan dan sosok misterius yang menguasai dunia.

Maka dari itu, mereka menciptakan sebuah klan yang bertugas untuk melindungi umat manusia dari fenomena-fenomena supernatural dan berkaitan dengan makhluk-makhluk Demon. Klan tersebut bernama Kuzunoha dari Jepang yang dibentuk pada era Asuka (530-710 SM).

Loh, kenapa tiba-tiba lari ke seri Shin Megami Tensei: Raidou Kuzunoha? Ada alasan tertentu kenapa seri game ini berkaitan dengan seri utama Shin Megami Tensei. Kemudian, suatu ketika YHVH menjadi terpecah dalam beberapa fragment akibat dari Demon Mem Aleph. Pecahan tersebut menyebar di berbagai lokasi dan berbagai dunia.

Kembali mengenai Kuzunoha, tepatnya pada game Shin Megami Tensei Devil Summoner 2: Raidou Kuzunoha vs King Abaddon, banyak dugaan ending Alignment pada game ini menciptakan timeline baru pada beberapa game. Ending Neutral akan menuju timeline Shin Megami Tensei: if dan berlanjut ke seri Persona. Ending Chaos akan berpengaruh pada timeline Shin Megami Tensei III: Nocturne. Sementara itu, ending Law menciptakan dunia Shin Megami Tensei pertama.

Simak informasi timeline Shin Megami Tensei di halaman selanjutnya.

Related Posts

Hak Cipta © 2024 Apartemenpuriorchard. Semua Hak Dilindungi Undang-Undang.